Fakultas Teknologi Industri melahirkan Prodi Baru: “Prodi Elektro Konsentrasi Mekatronika”

Meskipun 22 tahun bukan waktu yang sekejap bagi sebuah Fakultas dalam mengabdikan dirinya pada dunia pendidikan dan penelitian, namun Fakultas Teknologi Industri (FTI) merupakan sebuah fakultas yang terbilang muda di UNPAR. Meskipun demikian, FTI telah menunjukkan berbagai perkembangan yang pesat dan impresif. Fakultas yang didirikan pada tahun 1993 ini memiliki tiga program studi S1 dan dua program magister. Program Studi Teknik Industri mendapatkan hasil akreditasi A, sedangkan Program Studi Teknik Kimia mendapatkan akreditasi B bulat dan dalam proses untuk meningkatkannya. Sedangkan Program Studi Teknik Elektro merupakan program studi baru yang dibuka oleh Fakultas Teknologi Industri. Itulah yang disampaikan Dr. Paulus Sukapto, Ir., MBA dalam Laporan Dekan Dies Natalis XXII Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan.

Sebanyak 842 mahasiswa Prodi Teknik Industri dan 479 mahasiswa Prodi Teknik Kimia yang saat ini aktif mengikuti perkuliahan, sedangkan yang cuti masing-masing 2 orang dan 1 orang. Pada tahun 2014/2015, 188 mahasiswa Prodi Teknik Industri dan 133 mahasiswa Prodi Teknik Kimia yang lulus. Pada Orasio Dies Natalis XXII Fakultas Teknologi Industri yang diadakan pada tanggal 28 April 2015 juga diberikan penghargaan Mahasiswa terbaik Semester ganjil dan genap 2014/2015. Adapun IPK yang didapatkan mahasiswa terbaik antara 3,85-4.00.

Selain prestasi akademik dari mahasiswa yang sangat membanggakan, dalam setahun Fakultas Teknologi Industri juga boleh berbangga dengan prestasi dua dosennya. Dr. Johanna Renny Octavia Hariandja, ST., MSc., PDEng. terpilih sebagai Dosen Berprestasi Kopertis Wilayah IV Tahun 2014, sedangkan Catharina Badra Nawangpalupi, Ph.D terpilih sebagai Dosen Berprestasi APTIK tahun 2015. Fakultas Teknologi Industri juga sedang berbahagia karena pada tanggal 31 Maret 2015 berhasil “membidani” pendirian Program Studi Teknik Elektro konsentrasi studi Mekatronika.

Dosen-dosen Fakultas Teknologi Industri juga telah menghasilkan segudang penelitian baik penelitian yang dikerjakan sendiri, kerjasama dengan dosen internal, maupun penelitian kerjasama dengan dosen universitas lain baik dalam maupun luar negeri. Banyak perusahaan juga yang mendukung penelitian dosen-dosen di Fakultas Teknologi Industri ini. Penelitian tersebut merupakan sumbangsih Fakultas Teknologi Industri demi kemajuan teknologi.

Laporan Dekan yang disampaikan langsung oleh Dr. Paulus Sukapto, Ir., MBA disambut baik oleh Rektorat dan Yayasan. Bahkan Rektor menyampaikan bahwa beliau berharap dengan kualitas dosen maupun tenaga kependidikan yang ada, dalam lima tahun fakultas ini diharapkan sudah siap untuk membuka program doktoral. Yayasan yang diwakili oleh Pastor Hendra Kimawan, OSC. selaku Sekretaris Pengurus Yayasan UNPAR, juga berharap FTI terus meningkatkan apa yang sudah dicapai.