Panduan Tugas Akhir

Kuliah TUGAS AKHIR di Program Studi Teknik Elektro (Konsentrasi Mekatronika) Universitas Katolik Parahyangan terdiri atas dua mata kuliah, yaitu: Kuliah Proposal Penelitian (IME-407) dan Kuliah Skripsi (IME-500). Kuliah TUGAS AKHIR merupakan bagian dari kurikulum Program Studi Sarjana Teknik Elektro (Konsentrasi Mekatronika) UNPAR, yang menjadi puncak pencapaian penguasaan teori seorang mahasiswa Teknik Elektro (Konsentrasi Mekatronika) selama mengikuti perkuliahan. Dengan kata lain, kedua kuliah ini merupakan sebuah capstone design dari kurikulum Program Studi Teknik Elektro (Konsentrasi Mekatronika) UNPAR. Dalam kuliah capstone design ini, mahasiswa bekerja dalam tim untuk merancang, membangun, dan menguji purwarupa yang dapat diaplikasikan di dunia nyata.

Seperti yang tertulis pada standar ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology), pendekatan dalam pendidikan engineering modern sangat menekankan pada aspek capstone ini, yaitu adanya kebutuhan untuk memastikan tingkat kemampuan mahasiswa telah mencapai pada tingkatan tertentu secara lengkap dan terintegrasi. Kuliah TUGAS AKHIR dapat dipandang sebagai ujung tombak dari proses tersebut sehingga diperlukan pola pelaksanaan yang lebih sistematis dan terstruktur.

Adapun pedoman bagi dosen pembimbing, dosen penguji dan mahasiswa tingkat akhir di Program Studi Teknik Elektro (Konsentrasi Mekatronika) dalam melaksanakan kuliah Penulisan Proposal dan Skripsi tersedia dengan lebih rinci dalam dokumen Panduan Tugas Akhir.