Selamat datang mahasiswa baru Teknik Elektro Konsentrasi Mekatronika 2017

Mahasiswa baru angkatan 2017 Teknik Elektro Konsentrasi Mekatronika mengikuti acara SIAP FTI

Selamat datang kami ucapkan kepada mahasiswa baru angkatan 2017 Teknik Elektro Konsentrasi Mekatronika (TEKM). Hari ini, 14 Agustus 2017 para mahasiswa baru yang berjumlah 41 mahasiswa memasuki hari pertama kuliah di semester ganjil 2017/2018. Di pagi hari ini pada pukul 07:00 mereka sudah mengikuti mata kuliah Pengantar Mekatronika. Sebuah kuliah yang dirancang untuk mengenalkan dunia mekatronika kepada para mahasiswa.

Para mahasiswa baru ini juga telah mengikuti rangkaian acara SIAP (Inisiasi dan Adaptasi) pada tanggal 7-10 Agustus 2017. Acara SIAP tersebut dirancang sebagai acara pengenalan lingkungan kampus UNPAR untuk para mahasiswa baru.

Di hari pertama SIAP, para mahasiswa diresmikan oleh Rektor UNPAR kemudian memasuki pengenalan pada Sindu yang merupakan spiritualitas dan nilai dasar Universitas Katolik Parahyangan. Pada hari kedua, para mahasiswa baru diberi wawasan tentang unit kegiatan mahasiswa yang ada di UNPAR dengan harapan mereka dapat mengikuti unit kegiatan tersebut selain aktif berkuliah. Pada hari kedua ini juga masing-masing fakultas bertemu dengan para orang tua mahasiswa untuk sosialisasi aturan perkuliahan.

Pada hari ketiga dan keempat, para mahasiswa baru mengikuti SIAP Fakultas dan Program Studi. Selama dua hari ini mereka diajak untuk lebih mengenal fakultas dan program studi yang mereka pilih. Khusus mahasiswa TEKM, mereka mengikuti kuliah tamu yang dibawakan oleh Dr. Ir. Adhi Soembagjo yang memberikan wawasan tentang dunia mekatronika. Mereka juga membuat project sederhana dengan menggunakan sensor dan arduino yang dibimbing oleh para mahasiswa TEKM.

Kuliah tamu dan project sederhana merupakan ciri khas dari SIAP program studi TEKM dengan tujuan mengenalkan dunia mekatronika dari praktisi serta mengenal cakupan ilmu mekatronika melalui project sederhana. Selain itu, para mahasiswa juga berkenalan dengan para dosen TEKM dan mendapat wawasan berkuliah dari dosen wali. Pada sesi ini, kepala program studi Dr. Ir. Bagus Arthaya mengucapkan selamat bergabung dengan keluarga besar TEKM. Selain itu, Dr. Ir. Bagus Arthaya memberikan gambaran tentang kuliah di TEKM yang penuh tantangan, oleh karena itu diharapkan mahasiswa dapat mengubah pola pikir mereka, siap menerima tantangan serta tidak mudah menyerah.