Visi & Misi

VISI

“Menjadi komunitas beriman dalam bidang keilmuan Teknik Mekatronika dengan mengembangkan potensi lokal pada tataran internasional demi peningkatan martabat manusia.”

MISI

  1. Mengembangkan dan mewariskan nilai-nilai budaya secara kritikal, kreatif dan bertanggung-jawab;
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran pada tahapan tertinggi dalam bidang ilmu mekatronika;
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian ilmiah serta sistematisasi dan konservasi ilmu, serta sosialisasi produk-produk kegiatan ilmiah; dan
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Yang kesemuanya dilakukan dalam rangka meningkatkan martabat manusia.

Deskripsi Singkat

Prodi Teknik Elektro UNPAR berkonsentrasi pada Teknik Mekatronika. Teknik Mekatronika Sebuah perkembangan ilmu baru yang bersifat lintas disiplin ilmu, menggabungkan beberapa aspek khusus dari ilmu teknik elektro, teknik mesin, teknik kendali dan teknik komputer. Keempat ilmu dasar ini akan menjadi landasan bagi perkembangan industri di masa mendatang, yang dikenal sebagai Revolusi Industri 4.0. Prodi ini didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga-tenaga mekatronika yang akan dibutuhkan Indonesia dan juga Asia, yang sudah mulai berkembang tahun ini (2015).

Kompetensi prodi

  1. Mendidik para mahasiswa menjadi manusia utuh dalam suasana pendidikan dan pembelajaran yang kondusif berdasarkan semangat kasih dalam kebenaran.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kognitif, psikomotorik, afektif, dan kooperatif, sehingga menguasai bidang ilmu Teknik Mekatronika, memiliki kepribadian yang unggul, wawasan yang luas, sikap terbuka, serta semangat mengabdikan diri bagi kepentingan masyarakat dan berdaya saing tinggi.
  3. Melakukan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu Teknik Mekatronika yang relevan dengan permasalahan di masyarakat untuk meningkatkan potensi lokal.
  4. Secara aktif berperan dalam penyelesaian permasalahan di masyarakat lokal, nasional, dan internasional.
  5. Membangun jejaring dengan berbagai institusi lokal, nasional, dan internasional.

Capaian pembelajaran

Lulusan program studi diharapkan:

  1. Mampu mengaplikasikan keilmuan Teknik Mekatronika pada berbagai usaha, baik untuk korporasi maupun usaha kecil dan menengah, dan mempertimbangkan keberlanjutan lingkungan dan/atau potensi lokal.
  2. Memiliki karakter kepemimpinan bagi pribadi dan tim yang ditunjukkan dari peran dan kontribusinya yang signifikan dalam lingkungan kerja.
  3. Mampu bekerja sama dalam tim secara efektif; serta memiliki daya saing tinggi yang ditunjukkan dengan waktu tunggu perolehan pekerjaan yang singkat dan kesesuaian pekerjaan dengan bidang ilmu.
  4. Menjunjung tinggi tanggung jawab dan etika profesi yang ditunjukkan dari peran dan kontribusinya pada masyarakat, termasuk mampu menciptakan lapangan kerja dan pengembangan usaha.
  5. Mampu melakukan proses belajar terus-menerus baik untuk pendidikan lanjut formal, keahlian maupun non formal.
X